Sebelum memutuskan kerja di Luar negeri setelah lulus kuliah, hal ini wajib kamu ketahui - Seven peaks education }

Sebelum memutuskan kerja di Luar negeri setelah lulus kuliah, hal ini wajib kamu ketahui


Setiap orang berhak menentukan masa depannya, ambisi yang membuat seseorang harus berfikir keras bagaimana mencapai kesuksesan dengan cepat dan pasti.
salah satu cara yang mudah dan praktis adalah dengan bekerja di luar negeri, hal ini cukup lumrah di kalangan masyarakat indonesia.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa indonesia adalah negara dengan pemasok aktif di bidang SDM untuk berbagai negara, jumlah total sepanjang tahun sejak januari-april 2018 ini saja sudah mencapai 87.307 orang yang sudah di tempatkan bekerja di luar negeri.

Tergiur dengan gaji yang tinggi tak ayal membuat masyarakat indonesia memilih bekerja di luar negeri, karena cara itu merupakan cara yang instan untuk merubah nasib.
nah untuk kamu yang berminat kerja di luar negeri atau sedang kuliah di luar negeri dan ada keinginan bekerja setelah lulus. berikut point penting yang harus kamu pahami sebelum memulai melamar pekerjaan di luar negeri :

1. Meminta izin keluarga

Percaya atau tidak, Keluarga menjadi pondasi penting untuk tetap semangat menjalani kehidupan kita, walaupun hanya meminta izin terlihat sepele tetapi faktor keluarga sangat berpengaruh besar bagi kesuksesan seseorang.

kamu juga wajib tahu bahwa memutuskan untuk bekerja di luar negeri bukanlah hal main-main, perlu di persiapkan segalanya apalagi status kamu sebagai perantau yang jauh dari keluarga dan teman-teman, segala hal yang terjadi saat kamu bekerja di luar negeri wajib kamu tanggung.

2. Niat yang tinggi dan Skill yang sempurna

Apapun tujuan yang akan kita lakukan pasti harus di dasari dengan niat yang kuat, apalagi niat itu untuk bekerja di luar negeri pastilah harus memiliki keniatan yang besar.
namun untuk meraih kesuksesan bekerja di luar negeri bukanlah soal niat saja, sama halnya dengan bekerja di Indonesia bahwa kamu wajib memiliki skill yang baik dan memiliki jiwa profesional yang tinggi.

bekerja di luar negeri yang pasti kamu lebih di tuntut untuk bisa bekerja di bawah tekanan, jadi kamu harus memiliki skill yang baik agar mampu memenuhi kebutuhan perusahaan.
untuk itu masalah niat dan skill ini haruslah seimbang, tidak bisa salah satunya kurang.

apalagi untuk kamu yang berstatus lulusan study di negara tujuan kamu bekerja, pasti lebih di tuntut lagi skill yang kamu dapatkan semasa menempuh pendidikan di luar negeri..

3. Siapkan modal

Wajar jika ingin bekerja di luar negeri harus mempersiapkan dana yang cukup, karena kamu hidup di negeri orang pasti berbeda kondisinya dengan di daerah sendiri.
hal yang membedakannya adalah biaya hidup, kamu harus tahu bahwa bekerja di luar negeri memang pendapatannya lebih besar namun resiko untuk membiayai hidup sehari-hari juga wajib di perhatikan.
Minimal biaya yang harus kamu persiapkan sebisa mungkin cukup untuk jangka waktu 1 bulan, juga biaya lain yang harus kamu tanggung seperti administrasi (visa, paspor, dan lain-lain).

4. Kelengkapan Dokumen-Dokumen 

Jika melamar pekerjaan di daerah kamu sendiri, kamu cukup menyiapkan dan menyerahkan dokumen lamaran kerja kepada perusahaan tempat kamu melamar kerja.
berbeda dengan bekerja di luar negeri maka kamu wajib memiliki dokumen-dokumen untuk melengkapi persyaratan bekerja kamu selain dokumen lamaran kerja seperti visa dan paspor.

untuk masalah ini kamu jangan main-main, karena di beberapa negara memiliki peraturan yang sangat ketat masalah imigrasi dan penerimaan tenaga kerja asing.
kamu pasti mengetahui bahwa banyak tenaga kerja asing yang berasal dari indonesia berangkat bekerja di luar negeri dengan status ilegal, otomatis mereka akan mendeportasi karena tidak memiliki dokumen yang lengkap.

5. Kesiapan Mental 

Sebelum meniatkan untuk berangkat dan bekerja di luar negeri, mental sangatlah penting agar kamu bisa hidup dengan tenang di negara orang.
indonesia berbeda dengan luar negeri, seperti budaya,bahasa,dan kebiasaan sehari-hari masyarakat lokal.

untuk itu di perlukan mental yang kuat supaya mampu bertahan dengan segala berbagai kondisi ataupun masalah yang di hadapi semasa tinggal di luar negeri, cara sederhana untuk meningkatkan mental anda adalah mencari informasi negara tujuan kamu bekerja.
bagi yang sudah lulus kuliah di luar negeri dan memilih untuk tetap menetap dengan tujuan bekerja, masalah mental tidak terlalu di pusingkan karena sudah terbiasa dan sudah mengenal lingkungan waktu semasa kuliah.
Liana 
089677637848


JAKARTA OFFICE 
Jln.Pluit karang manis B6S no.2a
 Pluit - Jakarta Utara
02122665598

MAKASSAR OFFICE 
Jln. tupai No.5, Makassar
081934444799

ARTIKEL LAINNYA