Merasa salah jurusan kuliah ? inilah penyebabnya - Seven peaks education }

Merasa salah jurusan kuliah ? inilah penyebabnya

Merasa salah masuk jurusan kuliah? ... Pilih jurusan yang bener-bener jadi muara ilmu pengetahuan yang ingin lo tekuni sampai akhir hayat lo..." ... Dari pengalaman gue kuliah dan ketemu sama begitu banyak temen-temen gue (dan juga murid zenius) yang ngaku salah jurusan, bisa dibilang HAMPIR ...

Penyebab salah jurusan -

merasa salah masuk jurusan kuliah ? Kuliah adalah masa dimana seseorang mulai menunjukan kemampuan dari yang dia miliki, yang dia minati untuk bekal saat memasuki jenjang karir.

Untuk itulah Calon mahasiswa diwajibkan sudah memiliki rencana ingin masuk univeresitas mana dan saat daftar jurusan kuliah sudah memiliki pendirian ingin jurusan apa yang harus ia ambil, dari pilihannya itu tentu sudah di pikirkan secara matang.

Jangan sampai anda hanya memikirkan gengsi saja, lulus SMA ingin memiliki gelar agar di hargai orang terserah nanti kuliah jalannya bagaimana.
Ujung-ujungnya orang seperti itu akan menyesal karena ilmu yang dia dapat kurang di maksimalkan dengan semestinya, atau akan berfikir merasa salah jurusan saat memasuki tengah semester.

Yah.. seperti kita ketahui bersama ternyata masih sering kita jumpai mahasiswa yang banyak mengeluh karena merasa salah jurusan, sedangkan masa kuliah sudah hampir dalam tahap akhir.

Jadi untuk kalian yang ingin masuk ke jenjang kuliah, sebaiknya di pikirkan matang-matang apa tujuan kalian untuk kuliah dan jurusan apa yang pas dengan passionmu.

Lalu apa saja sih penyebab seseorang bisa salah masuk jurusan ? berikut penjelasan mengenai penyebab salah jurusan dan tips memilih jurusan kuliah terbaik

1. Kurang aktif mencari informasi
Kurangnya informasi menjadi penyebab utama seseorang bisa salah masuk jurusan, mungkin merasa malas untuk mencari atau hanya ingin kuliah kejar gelar bukan kuliah mencari ilmu.

padahal sangat banyak sekali sumber informasi yang bisa kamu dapatkan, misalkan mencari informasi melalui internet, forum, teman, ataupun kamu yang ingin kuliah di luar negeri bisa berkonsultasi dengan agen pendidikan luar negeri karena selain gratis kamu juga akan mendapatkan segudang informasi mengenai universitas mana yang cocok untuk kamu, biaya yang harus kamu siapkan, lalu bagaimana prospek kamu setelah lulus nanti.
semuanya sumber informasi itu bisa kamu andalkan agar kamu tidak terjebak di jurusan yang salah.

bagi kamu yang ingin kuliah di luar negeri bisa berkonsultasi dengan gratis bersama SEVEN PEAKS EDUCATION, kamu bisa bertanya apa saja mulai dari biaya kuliah, mencari universitas, pencarian tempat tinggal sampai berkonsultasi mengenai visa, karena seven peaks education juga merupakan agen migrasi luar negeri.

kamu bisa menghubungi kami melalui telepon/whatsapp di :

Makassar Office (081934444799)
Jakarta office 02122665598
Liana 089677637848


atau jika kamu ingin berkonsultasi secara langsung, bisa datang langsung ke kantor kami yang beralamat di :

JAKARTA OFFICE
Jln.Pluit karang manis no.2a
Muara karang-Pluit
MAKASSAR OFFICE
Jln. tupai No.5, Makassar

2. Tidak memahami passion
tidak semua calon mahasiswa mengetahui betul apa kemampuan dan bakat dalam dirinya, untuk itulah kamu harus mempersiapkan diri saat masih dalam masa sekokah.
cari tahu bakat dan minat kamu mulai sekarang, sebagai contoh jika kamu menyukai automotif kamu bisa kuliah jurusan teknik mesin.
Kuliah teknik mesin di Singapura, dapat karir gemilang setelah lulus

Memahami dan Mengerti passion kamu sejak awal tentu memudahkan kamu untuk menentukan kamu ingin lanjut ke universitas mana dan jurusan apa yang nanti kamu ambil.

cari tahu dahulu apa kemampuan dalam diri kamu, meskipun kamu tidak teralu menonjol di bidang yang kamu sukai justru itu yang harus kamu tingkatkan.

3. Asal-asalan

Ingat! kegagalan terjadi karena salah satunya tidak berfikir panjang, memilih jurusan kuliah sama dengan menentukan mau dibawa kemana kamu di masa depan.
sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa kuliah bukan ajang kegengsian, kuliah untuk menuntut ilmu bukan untuk bergaya-gayan.
berfikirlah secara matang sebelum menentukan jurusan yang akan kamu tekuni, jika salah masuk jurusan bukan hanya rugi waktu tetapi juga rugi materi.

4. Mengikuti teman

masih berkaitan dengan poin sebelumnya, karena melihat teman-teman sekolah kuliah di universitas A dengan kejuruan B kamu jadi terdoktrin oleh pilihan temen-teman kamu.
padahal dalam menentukan jurusan kuliah tidak bisa seperti itu, kamu harus memilih jurusan dan kamu yang menjalani.
biarkan mereka memilih jurusan karena mungkin sudah passion mereka, jangan korbankan passionmu hanya karena teman-teman.

masa depan hanya kamu yang rasakan dan perjuangkan, bukan orang lain bahkan orang tua sekalipun, jadi mulailah berfikir mandiri.
setiap orang memiliki tujuan jalan hidup dan passion yang berbeda-beda, jika kamu berbeda passion dengan teman-temanmu maka jangan asal ikuti mereka.

ARTIKEL LAINNYA